Tanggal :3 Desember 2020
tipe-pada-typescript

Tipe Pada Typescript

Artikel ini bagian ke 3 dari 3 seri dalam artikel berseri "Belajar TypeScript"

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Halooo.. apa kabar semuanya? Kali ini kita akan mengintip tipe apa saja sih yang ada pada Typescript. Bagi kalian yang belum mengerti apa itu Typescript dan apa bedanya dengan Javascript, Kalian bisa membaca terlebih dahulu artikel tentang Apa Itu Typescript.

Kita akan membahas sebagian tipe yang ada pada Typescript. Kita juga akan melihat bagaimana cara mendeklarasikannya satu per satu. Yaudah langsung aja yuk kita bahas sekarang.

Tipe – Tipe Pada Typescript

Tipe pada Typescript ada banyak, diantaranya antara lain string, number, boolean, array, dll. Kita tidak akan membahas semuanya, melainkan sebagian. Anggap saja kita mencoba berkenalan dengan Typescript. Bagi kalian yang bingung bagaimana cara meng-compile atau menjalankan program yang kalian buat, kalian dapat membuka artikel tentang Menginstall Typescript.

String

Seperti yang kita semua tau, string diperuntukan untuk sebuah variabel atau data dengan nilai berupa teks. Kalian dapat menggunakan petik dua(“) atau petik satu (‘) untuk menempatkan nilainya. Berikut merupakan contoh mendeklarasikan sebuah data string.

let nama: string = "Tony Stark";
let menyapa: string = `Halo ${ nama } `;
Number

Number diperuntukan untuk variabel dengan nilai angka, baik itu bilangan bulat, desimal heksadesimal, binary dan juga oktal. Berikut merupakan contoh penerapan tipe number.

let bilBulat: number = 10;
let bilDesimal: number = 22.3;
let bilHeksaDesimal: number = 0xf00d;
let bilBinary: number = 0b1010;
let bilOctal: number = 0o744;
Boolean

Boolean menunjukan apakah sebuah nilai itu bernilai True (benar) atau False (salah). Berikut merupakan contoh penerapan nilai boolean.

let benar: boolean = true;
Array

Array merupakan kumpulan nilai dengan tipe yang sama. Cara menulis array ada dua macam, berikut merupakan contohnya.

let marvelSuperheroes: string[] = [ 'Ironman', 'Captain America', 'Thor' ];
let dcSuperheroes: Array<string> = [ 'Batman', 'Superman', 'Shazam' ];
Unknown

Unknown digunakan untuk sebuah tipe yang tidak kita ketahui saat menulis aplikasi. Tipe unknown akan membuat variabel tersbut bersifat dinamik, yang berarti kita dapat memasukan nilai apapun kedalamnya, Berikut merupakan contoh penggunaan tipe unknown.

let hari: unknown = 'Senin';
hari = 1;
hari = ['Senin', 'Selasa', 'Rabu', 'Kamis', 'Jumat', 'Sabtu', 'Minggu']
Any

Tidak seperti Tipe Unknown, tipe Any dapat mengakses properti sewenang – wenangnya bahkan jika properti itu sendiri tidak ada. Maka dari itu disarankan untuk mengurangi penggunaan dari tipe ini. Berikut merupakan contoh penerapan dari tipe Any.

let mobil: any = 'Tesla'
mobil.brand();

Jika kalian mencoba untuk meng-compile kode tersebut maka tidak akan terjadi error, walaupun properti brand() tidak pernah ada. Ini merupakan kelebihan dan juga kekurangan dari penggunaan tipe Any.

Mungkin sekian pembahasan tentang tipe pada Typescript. Tapi bukan berarti apa yang kalian baca disini sudah mencakup semua tipe pada Typescript. Jika dijelaskan semua akan terlalu panjang dan mungkin membosankan. Jika kalian tertarik untuk mengetahui tipe – tipe lain yang ada pada Typescript. Kalian bisa membuka artikel ini, Typescript: Handbook – Basic Types.

Terima kasih bagia kalian yang telah membaca artikel ini. Jika terdapat salah dan kurang penulis memohon maaf, dan semoga ilmu yang didaptkan dapat bermaanfaat bagi kita semua

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *