Tanggal :13 Juni 2024
Rilis Laravel 7

Rilis Laravel 7

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, kali ini saya bingung untuk menyebut kabar kali ini sebagai kabar baik atau kabar buruk, 3 Maret 2020, Rilis Laravel 7 dengan banyak pembaruan dan penambahan yang keren.

Nah terdengar sebagai kabar baik ya? ya memang harusnya seperti itu ketika ada rilis baru dari sebuah karya, termasuk Laravel ini, tapi ini juga bisa jadi kabar buruk yang sebenarnya bukanlah kabar buruk, mengapa saya sebut kabar buruk? ya di luar sana pasti banyak orang yang akan mengeluh dengan rilis Laravel 7 ini (bukan hanya Laravel 7 versi sebelumnya juga seperti itu) karena banyak komentar “Baru saja belajar Laravel X sudah muncul Laravel versi Y” , ya seperti itu yang banyak menghiasi kolom komentar di postingan Kawan Koding jika membahas versi baru Laravel, padahal jika mengikuti dengan seksama setiap perkembangan Laravel pasti ini bukanlah sebuah masalah apalagi jika diikuti dengan membaca dokumentasi dan catatan rilis tiap versinya, sebenarnya tidak banyak yang berubah dari versi ke versi.

Dan berikut ini adalah beberapa penambahan pada Laravel 7 yang perlu kita ketahui.

Laravel Sanctum (dulunya Airlock)

Laravel Sanctum dibuat oleh Taylor Otwell, menyediakan sistem autentikasi untuk SPA (Single Page Application), Aplikasi Mobile dan API berbasiskan dengan token sederhana. Airlock memungkinkan setiap pengguna aplikasi kita untuk menghasilkan token API untuk akun mereka, token ini bisa diberikan cakupan / otorisasi untuk melakukan tindakan tertentu.

Untuk mempelajari Laravel Airlock lebih lanjut bisa ikuti tautan ini.

Blade Component Tags

Blade Component Tags ini adalah hasil kontribusi dari Spatie, Marcel Pociot, Caleb Porzio, Dries Vints dan Taylor Otwell.

Blade Component Tags telah dirombak untuk memungkinkan tag based rendering, attribute management, component classes, inline view components, dan lainnya. Untuk pembahasan lengkapnya nantikan di video pembahasan Kawan Koding.

HTTP Client

Sekarang Laravel menyediakan HTTP Client yang ekspresif dengan API minimal dari Guzzle HTTP Client yang memungkinkan kita untuk mengirimkan request HTTP dengan web lain dengan cepat, wraper ini berfokus pada hal hal yang umum dan membuat pengalaman yang nikmat untuk developer.

Peningkatan Kecepatan Route Caching

Laravel 7 menyertakan metode baru dalam mencocokan kompilasi route yang sudah dicache dengan perintah Artisan route:cache. Dalam pengujian aplikasi yang cukup besar dengan route sebanyak 800 peningkatan ini dapat menghasilkan 2x peningkatan dalam kecepatan request per second. Dalam benchmark aplikasi sederhana “Hello World“. Tidak perlu perubahan dalam aplikasi yang sudah kita buat.

Lebih lengkap tentang Laravel 7…

Diatas hanyalah beberapa fitur tambahan yang ada pada Laravel 7 dan untuk lebih lengkapnya silakan cek pada catatan rilis dan panduan upgrade.

Sekian kabar baru tentang rilis Laravel 7, semoga semakin membuat kita produktif.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Hai semua, saya Amirul seorang Software Engineer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast

2 Comments

Tinggalkan Balasan