Tanggal :4 Agustus 2020
Publikasi Website Lokal Dengan Expose

Publikasi Website Lokal ke Publik dengan Expose

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, beberapa Waktu lalu Marcell Pociot merilis sebuah tunneling service yang ditulis dengan PHP yang dinamakan Expose. Kalau sebelumnya kawan – kawan sudah pernah menggunakan ngrok, Expose memiliki fungsi yang sama yaitu untuk publikasi Website Lokal ke Publik.

Lalu, apa kegunaan tunneling service? Buat yang sama sekali belum pernah menggunakan ngrok, saya coba jelaskan kegunaannya dari tunneling service ini. Pernah ga kawan-kawan pengen nunjukin perkembangan proyek yang sedang dikerjakan ke klien tapi belum ada hosting / server. Apa kawan – kawan kasih folder proyeknya? atau screensharing?. Tentu ribet kan kalau harus seperti itu. Inilah kegunaan tunneling service seperti Expose ini. Kawan – kawan bisa mempublikasikan website dari komputer / laptop kawan-kawan. Atau mungkin ketika ingin integrasi sebuah webhook tapi ingin mengarahkan ke environment lokal.

Dengan Expose kita bisa bebas mengatur apa yang ingin kita bagikan. Expose memiliki dashboard yang ciamik yang menyajikan semua request dan response secara realtime.

Untuk menggunakan Expose, kita dapat menginstal secara global menggunakan composer.

composer global require beyondcode/expose

Jika ingin menggunakan domain sharedwithexpose.com kita harus membuat akun di Beyond Code. Setelah membuat akun, di sana akan terdapat token yang bisa kita gunakan untuk seting Expose.

expose token token-expose-yang-ada-di-dashboard

Kemudian, setelah menjalankan perintah di atas. Kita bisa mempublikasikan website lokal kita ke publik dengan cara mengetikkan perintah di bawah ini.

expose share http://localhost:8000

Contoh di atas adalah ketika saya ingin membuat web lokal yang saya jalankan dengan php artisan serve ke publik.

Publikasi Website Lokal ke Publik
Penampakan setelah mengeksekusi perintah expose share

Sekarang, selama Expose dijalankan, maka kita bisa akses website kita melalui URL yang tertera. Contoh : https://8flsaiinhw.sharedwithexpose.com.

Publikasi Website Lokal ke Publik
Contoh website diakses dengan URL dari expose

Selain itu, Expose juga menyediakan dasbor untuk memantau request & response. Dasbornya bisa diakses di http://localhost:4040 dan memiliki tampilan seperti ini.

Dasbor Expose

Nah, begitulah cara publikasi website lokal ke publik dengan Expose.

Hi Saya Amirul, Saya mengajarkan koding melalui screencast di Kawan Koding, saya juga menulis Artikel di Kawan Koding.

8 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *