Tanggal :13 Juli 2024
Laravel 6 make:auth

Perintah php artisan make:auth di Laravel 6

Assalamualaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh, pada rilis Laravel 6 kita sudah tidak bisa lagi menggunakan perintah php artisan make:auth untuk membuat auth scaffolding. Karena untuk frontend scaffolding pada Laravel 6 dipindahkan ke dalam komponen laravel/ui jadi kita perlu menambahkan komponen tersebut untuk membuat auth scaffolding. Jadi bagaimana caranya menjalankan make:auth di Laravel 6?

Sekarang untuk membuat auth scaffolding kita perlu menambahkan komponen laravel/ui terlebih dahulu melalui composer.

composer require laravel/ui

Kemudian tunggu proses download sampai selesai dan lanjut jalankan perintah ini.

php artisan ui vue --auth

Pada perintah diatas untuk bagian perintah vue bisa diganti dengan preset frontend lainnya, misalnya react atau bootstrap, sesuaikan dengan kebutuhan kawan kawan saja, langkah berikutnya kita harus download dependency dari npm dan melakukan compile dengan perintah ini, oh ya sebelum menjalankan perintah ini pastikan di laptop / komputer kawan kawan sudah terinstall nodeJs dan npm.

npm install && npm run dev

Tunggu proses download dan compile hingga selesai, dan kawan kawan bisa mendapatkan kembali auth scaffolding yang seperti biasa. Mungkin prosesnya menjadi lebih lama dan tidak semudah sebelumnya. Tapi dengan fitur yang disediakan dari auth scaffolding rasanya tetap saja sangat memudahkan proses pembuatan fitur autentikasi ini. Jadi bagaimana make:auth di Laravel 6? Susah? Enggak juga kan sebenarnya.

Wassalamualaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh

Hai semua, saya Amirul seorang Software Engineer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast