Tanggal :20 September 2021
Pelatihan Laravel 8 Pranata Komputer Kabupaten Sidoarjo

Pelatihan Laravel Pranata Komputer Pemerintah Kabupaten Sidoarjo

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, Selama 5 hari dalam 2 minggu awal bulan Juni 2021 ini, tim Kawan Koding yang terdiri dari Muhammad Amirul Ihsan, Rio Aditya Pratama, Mochamat Saichudin & Nusendra Hanggawaran berkesempatan untuk memberikan materi pelatihan Laravel 8 kepada Pranata Komputer Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Para peserta pelatihan yang berasal dari Pranata Komputer dari berbagai instansi di Kabupaten Sidoarjo mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama 5 hari kerja mulai jam 08:00-15:00 pada tanggal 2, 3, 8, 10 & 11 Juni 2012.

Peserta yang terdiri dari kurang lebih 60 orang yang dibagi menjadi 4 kelompok dibimbing oleh 4 orang pengajar yang bertanggung jawab atas masing-masing kelompok yang terdiri dari 15 orang.

Sambutan dan Pelaksanaan Pretest Laravel

Hari pertama pelatihan dimulai dengan pretest untuk menguji wawasan tentang Laravel, hasilnya ada beberapa peserta yang mendapatkan nilai jauh diatas rata-rata peserta lainnya. Setelah selesai pretest materi dimulai dengan pengenalan Laravel mulai dari kebutuhan untuk dapat menjalankan Laravel pada komputer / laptop, kemudian proses instalasi dan pemahaman terhadap struktur dan proses kerja framework Laravel.

Walaupun dalam pekerjaan sehari-harinya para bapak & ibu Pranata Komputer ini mayoritas sudah tidak bergelut dengan koding, tapi dapat dengan cukup mudah mengikuti proses pelatihan hari pertama ini, walaupun kadang harus beriringan dengan tugas dari instansi masing-masing yang harus dikerjakan.

Hari kedua, materi beranjak tentang templating dengan menggunakan Laravel Blade dan pembuatan model, serta cara mengirim data variabel ke dalam tampilan / blade. Di hari kedua ini mungkin konsep templating blade yang cukup memakan porsi waktu lebih lama untuk yang tidak terbiasa dengan sistemnya atau yang biasanya hanya menggunakan cara PHP Tradisional.

Hari ketiga materi berlanjut untuk proses CRUD (Create Read Update Delete), dalam pembahasan ini mulai menarik, karena sudah bersentuhan dengan database dan sudah terlihat apa yang bisa lakukan dengan Laravel dan bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Hari keempat, materi dilanjutkan untuk membuat fitur ekspor data ke dalam bentuk PDF & Excel yang mana ini adalah fitur esensial dalam aplikasi pemerintahan biasanya. Pada materi ini ada beberapa kendala dari pemformatan PDF & format tipe data dari Excel. Setelah istirahat materi dilanjutkan untuk mengunggah proyek Laravel ke Hosting.

Post Test Pelatihan Laravel

Di hari terakhir jadwalnya adalah Post Test untuk menguji seberapa jauh pemahaman peserta setelah menerima materi selama 4 hari terakhir. Tapi ada tambahan materi untuk modul pencarian data, serta dilanjutkan dengan foto bersama.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh

Share

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *