Tanggal :29 September 2020
menginstall-typescript

Menginstall Typescript

Artikel ini bagian ke 4 dari 3 seri dalam artikel berseri "Belajar TypeScript"

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Halo halo halooo… Apa kabar semua? kemarin kita baru saja belajar dan mengenal tentang apa itu Typescript. Bagi kalian yang belum benar-benar mengenal tentang Typescript, mungkin kalian dapat mengunjungi artikel ini Apa Itu Typescript. Artikel itu mencakup penjelasan tentang Typescript, cara kerjanya dan juga sedikit perbedaanya dibandingkan dengan Javascript.

Di artikel kali ini kita akan belajar menginstall Typescript, membuat program sederhana, meng-compile dan juga menjalankannya. Yaudah gak usah berlama – lama. Langsung saja kita mulai belajarnya.

Menginstall Typescript

Mungkin kurang cocok jika dibilang menginstall Typescript, karena sebenarnya yang diinstall merupakan compiler dari Typescript itu sendiri. Tapi tidak apa-apa karena mungkin tidak semua paham apa itu compiler, hehe.

Jadi untuk menginstall Typescript sebelumnya kita harus menginstall Node. Kenapa? Karena Typescript sendiri merupakan sebuah package yang tersedia pada npm. Mungkin kita akan melewati untuk bagian menginstall Node, karena mungkin akan terlalu panjang pembahasannya.

Langsung saja kita masuk ke bagian menginstall Typescript. Untuk menginstall Typescript ketikan perintah ini di Terminal kalian

$ npm install -g typescript

Jika tidak ada error, maka Typescript behasil tersinstall secara global di komputer kalian.

Membuat Program Sederhana

Kita telah berhasil menginstall Typescript dan sekarang kita akan membuat sebuah program sederhana untuk mencobanya. Program yang akan kita buat merupakan sebuah program dengan fungsi perkalian.

Pertama – tama kita akan membuat sebuah file dengan ekstensi .ts yang meunjukan bahwa ini merupakan hal Typescript. File ini dapat diberi nama apa saja.

Sekarang kita akan membuat isi dari programnya. Kita akan membuat sebuah fungsi perkalian dengan dua parameter yaitu bilangan yang akan dikalikan. Fungsi tersebut akan mengembalikan sebuah nilai angka. Berikut merupakan bentuk kode dari program tersebut.

function perkalian(bil1: number, bil2: number): number {
    return bil1 * bil2;
}

Lalu kita akan memanggil fungsi tersebut dan menampilkannya

console.log(perkalian(5, 10));

Sebuah program yang sangat sederhana. Tujuan dari pembuatan program ini ialah agar kita dapat berkenalan dengan Typescript dan juga mencoba untuk mengetest dan menjalankannya. Yuk lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Mengcompile dan Menjalankan Program

Di pembahasan Typescript sebelumnya telah dijelaskan bahwa browser yang kita gunakan sekarang tidak akan mengenali Typescript. Maka dari itu kita harus meng-compile nya terlebih dahulu dan meng-convert nya ke dalam bentuk Javascript agar browser dapat mengenali program kita.

Untuk meng-compile program yang telah kita buat kita dapat membuka terminal dan membuka direktori tempat file kita berada. Lalu kita dapat memasukan perintah berikut.

$ tsc program-sederhana.ts

tsc merupakan perintah yang digunakan untuk meng-compile Typescript dan program-sederhana.ts merupakan nama dari file tersebut. Jika proses compile berhasil maka akan muncul file dengan nama program-sederhana.js.

Selanjutnya kita akan mencoba menjalankan program dengan menggunakan Node. berikut merupakan perintah untuk menjalankan program yang telah kita buat.

$ node program-sederhana.js

Program yang dijalankan merupakan program dengan ekstensi .js atau Javascript. Jangan sampai salah ya teman – teman. Akan terjadi error jika kalian mencoba menjalankan program dengan ekstensi .ts, karena Node tidak mendukung program penulisan bahasa Typescript.

Wah cukup panjang ya pembahasan kali ini. Semoga semua tahap yang dilakukan tadi tidak terdapat kesalahan sama sekali. Jika kalian ingin belajar lebih jauh lagi tentang Typescript dapat membuka link ini.

Penulis mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini. Semoga ilmu yang dipelajari dapat bermanfaat bagi orang banyak. Terimakasih semuanya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback: Belajar Typescript : Tipe Pada Typescript - Kawan Koding

  2. Pingback: Belajar Typescript : TypeScript OOP - Class Dan Object - Kawan Koding

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *