Tanggal :4 Agustus 2020
Menginstal Extension FLutter di VS Code

Menginstal Ekstensi Flutter di VS Code

Artikel ini bagian ke 5 dari 7 seri dalam artikel berseri "Belajar Flutter"

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, di tulisan sebelumnya kita sudah pelajari menginstal plugins Dart & Flutter di Android Studio, dan tulisan ini adalah sebagai pelengkap atau alternatif lain untuk kawan kawan yang mungkin spesifikasi laptopnya kurang mendukung untuk menjalankan Android Studio, jadi untuk membangun aplikasi dengan Flutter kawan kawan bisa menggunakan VS Code.

Baiklah kalau kita lihat pada flutter doctor untuk bagian instal ekstensi VS Code ini berwarna kuning, kadang mengganjal juga kalau dilihat ya, makanya kita buat ijo disini.

flutter doctor sebelum instal ekstensi VS Code

Oke mari kita buat ijo baris tersebut, pertama tentu kita buka dulu VS Code, kemudian masuk menu “extensions” dengan perintah “ctrl + shift + x” atau klik ikon di sebelah kiri jendela VS Code yang ada di gambar.

Tampilan menu “ExtensionsVS Code

Setelah tampil menu tersebut pada kotak pencarian ketikkan “Flutter” maka akan kita temukan extensions yang tersedia, instal extensions dari Dart Code.

Instal extensions dari Dart Code

Setelah terinstal, kita bisa cek dengan flutter doctor lagi dan hasilnya akan ijo, kita sudah bisa melakukan proses pembuatan aplikasi Flutter dengan VS Code sekarang, auto complete, linter, run / debug aplikasi sudah bisa dijalankan di VS Code.

flutter doctor setelah instal extensions VS Code

Semoga bermanfaat untuk kawan kawan yang spesifikasi laptopnya tidak mencukupi menjalankan Android Studio.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Hi Saya Amirul, Saya mengajarkan koding melalui screencast di Kawan Koding, saya juga menulis Artikel di Kawan Koding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *