Tanggal :19 Oktober 2021
mengubah nama kolom timestamp bawaan Laravel

Mengganti Nama Kolom Timestamp Laravel

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, ada kalanya kita tidak membutuhkan dua timestamp yang disediakan Laravel yaiut created_at dan updated_at atau ingin menggantinya dengan nama lain. Tapi untuk saya sendiri. tidak ada benefit yang didapatkan dengan mengubah nama kolom-kolom tersebut,

Tapi ada kemungkinan hal ini dibutuhkan, misalnya ketika akan migrasi dari aplikasi lama yang mungkin ditulis dengan framework non Laravel atau tanpa framework dan pada tabelnya memiliki kolom yang tujuannya sama dengan timestamp bawaan Laravel.

Jadi, agar aplikasi yang lama tetap jalan nantinya di Laravel, kita bisa sesuaikan nama kolom dari default timestamp di Laravel. Contohnya, ada sebuah aplikasi yang mencatat timestamp dengan nama kolom creation_date atau updated_date , atau mungkin ada yang cinta banget dengan Bahasa Indonesia membuat nama kolomnya dengan nama dibuat_pada dan diperbarui_pada. Apapun nama kolomnya, intinya kita ingin mengubah nama bawaan dari Laravel.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengubahnya? Ya tentunya dari migrationnya ya buat sesuai namanya, atau kalau dari hasil dump database, tugas kita hanya tinggal di bagian Model saja, cukup tambahkan constant CREATED_AT dan UPDATED_AT kemudian definisikan nama kolom pada tabel di database kalian.

<?php

class Inventory extends Model
{
    const CREATED_AT = 'creation_date';
    const UPDATED_AT = 'updated_date';
}

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Share

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *