Tanggal :26 September 2022
Memperbaiki Coding Style dengan Laravel Pint

Memperbaiki Coding Style dengan Laravel Pint

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh. Ada yang baru lagi nih dari Laravel, namanya Laravel Pint sebuah package untuk memperbaiki coding style PHP agar sesuai dengan PSR-12. Laravel Pint sejatinya menggunakan PHP-CSFixer untuk menjalanakan tugasnya.

Apa pentingnya coding style? menurut saya pribadi sebuah coding style atau sebuah standar penulisan kode ini penting apalagi jika bekerja dengan tim. Selain itu dengan mengikuti standar penulisan ini, setidaknya kode kita akan lebih mudah dibaca ‘secara penulisan’.

Sebelum adanya Laravel Pint, saya pernah membuat sebuah artikel untuk memformat kode menggunakan PHP CSFixer. Dalam artikel tersebut ada beberapa step yang perlu kita lakukan sebelum kita bisa menggunakannya.

Dengan Laravel Pint ini, kita bisa lebih mudah untuk menggunakannya, cukup gunakan Laravel Pint sebagai dependency di proyek menggunakan composer. Sesuai yang tertera di repository githubnya “Laravel pint is a zero-dependency PHP code style fixer for minimalists – built on top of PHP-CS-Fixer“.

composer require laravel/pint --dev

Setelah terinstal, kita bisa jalankan tanpa melakukan konfigurasi apapun.

./vendor/bin/pint

Tanpa melakukan konfigurasi dan setup tanpa mikir dan tanpa effort proyek kita sudah sesuai dengan PSR-12. Kadang membuat kode tetap bersih dan konsisten membutuhkan sedikit effort menyesuaikan aturan yang ada.

Mencoba Laravel Pint

Oke untuk prakteknya kita akan coba untuk buat sebuah proyek baru.

laravel new laravel-pint

Buka proyeknya dan instal Pint :

composer require laravel/pint --dev

Kemudian saya jalankan Pint:

./vendor/bin/pint

Seharusnya kita akan melihat tampilan seperti ini:

Memperbaiki Coding Style dengan Laravel Pint
Hasil menjalankan Laravel Pint.

Bawaannya Pint menggunakan standar penulisan PSR-12, namun jika ingin menggunakan code style Laravel kita juga bisa buat konfigurasinya dengan membuat file pint.json.

{
	"preset": "laravel"
}

Maka ketika kita jalankan, Pint akan memformat kode sesuai dengan standar penulisan kode dari Laravel.

Semoga bermanfaat dan membuat kode kalian bersih lagi ya !

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Hai semua, saya Amirul seorang Software Engineer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.