Tanggal :29 Juli 2021
Memformat Kode PHP dengan PHP CS Fixer

Memformat Kode PHP Sesuai Standar PSR

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, pada tulisan kali ini kita akan membahas cara menyesuaikan format kode PHP agar sesuai dengan PSR.

Mungkin sudah ada yang tau tentang PSR, mungkin juga belum, jadi PSR adalah singkatan dari PHP Standard Recommendation. Jadi isinya tentang rekomendasi standar dalam PHP, termasuk dalam penulisan sintaks PHP.

Buat yang pengen menyesuaikan kodenya agar sesuai dengan PSR tapi terlanjur banyak sekali file proyeknya, kita akan bahas caranya memformat semua file dalam proyek agar sesuai dengan PSR.

Jadi langkah pertamanya adalah menginstall package PHP CS Fixer dari friendsOfPHP.

composer require friendsofphp/php-cs-fixer --dev

Kemudian kita bisa jalankan perintah di bawah ini untuk memformat kode yang kita miliki.

vendor/bin/php-cs-fixer fix .

Perintah di atas akan memformat seluruh file di dalam folder proyek, jika ingin memformat pada direktori tertentu, ganti tanda titik . dengan path folder atau file yang dikehendaki.

Untuk mempermudah menjalankan perintah ini, biasanya saya buat alias pada script composer.

"scripts": {
        "format": [
            "php-cs-fixer fix . --rules=@PSR12,@PhpCsFixer"
        ],
    },

Kemudian kita bisa menjalankan perintah composer format, maka kode dari proyek kita akan menyesuaikan dengan aturan yang sudah kita set, pada script di atas kita menggunakan PSR1-2.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Share

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

3 Comments

  1. aliif Reply

    mas amirul bikin tutorial panada framework dong yang buatan orang indonesia katanya itu framework php nya powerful banget

  2. Muhammad Hizbullah Reply

    Buat materi terkait broadcasting pake socket mas. Aku sempet pake laravel websocket dari beyondcode tapi terkendala ketika udah on production.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *