Tanggal :20 September 2021
Jadwal Rilis Baru Laravel

Jadwal Rilis Baru Laravel

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, pagi ini baca twit dari Taylor Otwell tentang jadwal rilis baru dari Laravel.

Selama 4 tahun terakhir Laravel selalu merilis versi “major” setiap 6 bulan sekali. Sebelum mengadaptasi standar Semantic Versioning angka kedua dari versi Laravel yang akan berubah setiap 6 bulan sekali. Setelah mengadaptasi Semantic Versioning, angka pertama yang akan berubah setiap 6 bulan sekali, sebenarnya rilisnya tetap 6 bulan sekali tapi banyak orang mengira bahwa Laravel terlalu sering update karena ini.

Mulai dari sekarang Laravel mengubah jadwal rilisnya dari 6 bulan sekali menjadi 12 bulan sekali atau setahun sekali. Karena Laravel 8.0 sudah dirilis sejak Semptember 2020 maka Laravel 9.0 (LTS) tidak akan dirilis hingga September 2021. Laravel 10.0 akan dirilis pada September 2022 dan seterusnya.

Dengan keputusan ini, Laravel memutuskan untuk menambahkan paralel testing yang harusnya jadi fitur utama pada rilis Laravel 9.0 ke Laravel 8.0 sehingga pengguna bisa segera memanfaatkannya, dan fiturnya dirilis hari ini.

Matt Stauffer membuat sebuah halaman untuk membantu kita mendapatkan gambaran dari rilis Laravel selanjutanya termasuk waktu dukungan dan perbaikannya : https://laravelversions.com/.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *