Tanggal :1 Juni 2020

Ekstensi VSCode Untuk Programmer Laravel

Ekstensi VSCode untuk Programmer Laravel

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, setelah pilihan font terbaik untuk koding, tema terbaik & konfigurasi vscode. Sekarang saya akan merekomendasikan ekstensi VScode yang akan memudahkan pekerjaan sebagai programmer, khususnya programmer Laravel.

Oke saya akan mulai dari yang kegunaannya untuk umum lalu spesifik untuk kebutuhan Laravel.

Ekstensi Umum

PHP Intelephense

Ekstensi ini sangat membantu sekali untuk menulis kode PHP, ada auto complete, go to definition, symbol search dll. Dan yang sangat berguna bagi saya yaitu auto import namespace.

PHP DocBlocker

Tentu sesuai namanya ekstensi ini untuk memudahkan kita menulis docblock. Dengan mengetik /** di atas class, function dan property maka ekstensi ini akan memberikan docblock otomatis yang bisa kita sesuaikan keterangannya.

Better PHPUnit

Better PHPUnit adalah ekstensi untuk memudahkan kita dalam menjalankan PHPUnit. Fiturnya adalah output berwarna, menjalankan test individu berdasarkan method dengan meletakkan kursor dimana saja pada bagian method, menampilkan test yang gagal di tab “Problems”.

Ekstensi Untuk Laravel

Laravel Snippets

Untuk mempercepat penulisan kode dari Laravel pastikan menginstal ekstensi ini ya. Banyak sekali syntax yang bisa dipercepat penulisannya dengan package ini.

Laravel Snippets

Laravel Blade / Laravel Blade Snippets

Ketika mengerjakan proyek Laravel kita tidak bisa lepas tentunya dengan menulis kode di file blade / template view. Nah untuk memudahkan ada beberapa ekstensi yang bisa digunakan.

Saat ini saya gunakan Laravel Blade untuk kebutuhan ini karena dalam menyajikan autocompletenya dia menggunakan simbol @ diikuti huruf dari tag yang mau kita tulis, maka akan muncul autocomplete.

Ekstensi VSCode
Laravel Blade

Sedangkan karena sebelumnya sudah lama menggunakan ekstensi Laravel Blade Snippets saya terkadang juga masih teringat dengan cara autocomplete ekstensi ini yang diawali huruf b diikuti : / langsung huruf dari tag yang mau ditulis, dan kelebihannya kita bisa tulis tag secara langsung dia memberikan saran autocomplete misal saya menulis for maka dia akan memberikan saran autocomplete tag blade.

Laravel Blade Snippets
Laravel Blade Snippets

Laravel Model Snippets

Banyak nulis kode di Model? kadang capek emang nulis berulang misalnya untuk properti fillable atau guarded yang mesti ditulis di model. Instal Laravel Model Snippets bisa mengurangi rasa capek, paling enggak pas ngoding di file model.

Laravel Model Snippets
Laravel Model Snippets

Laravel Extra Intellisense

Ini ekstensi super penting dan sangat membantu, terutama buat saran dari path file view yang biasanya masuk ke folder-folder jadi banyak waktu terbuang buat ngecek lokasi file. Pokoknya ini wajib diinstal kalo mau hemat banyak waktu!

Laravel Extra Intellisense
Laravel Extra Intellisense

Laravel Blade Spacer

Pernah mau cetak nilai di file blade tapi kudu nulis penutupnya jadi bikin ribet? Instal aja ekstensi ini, masalah kelar!

Laravel Blade Spacer
Laravel Blade Spacer

Laravel Artisan

Ekstensi Laravel Artisan ini sangat mempermudah pekerjaan kita ketika ingin menjalankan perintah Artisan. Karena dengan ekstensi ini kita tidak perlu menulis perintah Artisan di terminal. Misal untuk menampilkan daftar route, membuat controller, membuat model dll bisa dilakukan dengan membuka command pallete VSCode cmd + shift + p untuk macOS atau ctrl + shift + p untuk Windows / Linux kemudian ketikkan “Artisan” atau “Make Controller” dll. Sayangnya saya jarang gunakan ekstensi ini karena kebutuhan saya membuat tutorial agar bisa diikuti semua pengguna text editor.

Ekstensi VSCode
Route List

Laravel Docs

Dalam membuat aplikasi dengan bahasa / framework apapun kita tidak bisa lepas dengan dokumentasi, Ekstensi ini memberikan kemudahan untuk mengakses dokumentasi melalui command pallete VSCode cmd + shift + p untuk macOS atau ctrl + shift + p untuk Windows / Linux kemudian ketik dokumentasi yang ingin dicari.

Ekstensi VSCode
Laravel Docs

Laravel Goto View

Ekstensi kecil ini cukup membantu navigasi kita untuk membuka file view dari controller, route ataupun dari view lainnya. Kita cukup sorot pada nama file view yang ada kemudian cmd + click untuk macOS atau ctrl + click untuk Windows / Linux.

Laravel Goto View

Laravel Goto Controller

Ekstensi ini terinspirasi dari Laravel Goto View namun kegunaannya untuk menuju ke file Controller.

Laravel Goto Controller

Demikian daftar ekstensi VSCode yang bisa saya rekomendasikan untuk kawan-kawan. Jika kawan-kawan memiliki ekstensi yang bagus dan belum ada dalam daftar di atas tolong tinggalkan di kolom komentar ya :).

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Hi Saya Amirul, Saya mengajarkan koding melalui screencast di Kawan Koding, saya juga menulis Artikel di Kawan Koding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *