Tanggal :27 Januari 2023
Ekstensi VSCode Programmer Laravel

Ekstensi VSCode Untuk Programmer Laravel Tahun 2023

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, sebagai programmer tentu kita setiap haru akan bertemu dengan text editor. Saat ini text editor yang sangat banyak digunakan adalah Visual Studio Code. Selain gratis, karena VS Code punya banyak fitur yang membantu produktif. Tapi tetaplah untuk beberapa kebutuhan kita harus menyesuaikan. Berikut adalah Ekstensi VSCode untuk Programmer Laravel rekomendasi Kawan Koding di Tahun 2023.

PHP Intelephense

Tentu saja untuk mengembangkan aplikasi Laravel kita butuh ekstensi yang mengerti tentang bahasa pemrogramannya yaitu PHP. Ekstensi ini wajib terinstal jika kawan kawan mengembangkan aplikasi berbasis PHP tidak hanya Laravel.

Fitur dari ekstensi antara lain adalah code completion, go to definition, find all references, symbol search dan yang sering sekali akan menolong kalian dari error adalah auto import namespace.

Laravel Snippets

Snippet untuk mempercepat penulisan kode yang ada di Laravel, banyak prefix yang tersedia pada snippet ini. Antara lain Auth:: , Route:: , DB:: , Config:: , dll lihat selengkapnya pada halaman dari ekstensi yang tersedia.

Laravel Intellisense

Memberikan autocomplete yang sangat membantu, seperti nama kolom pada Model, Factory, View, dll. Tentu saja ini hal yang sangat menyenangkan karena beban kita mengingat kolom kolom pada tabel database bisa cukup berkurang, termasuk mengingat View, Route, dll.

Laravel Extra Intellisense

Kurang lebih sama seperti ekstensi sebelumnya, namun ini adalah penambahan penambahan lainnya, semisalnya aturan / rules pada validation, nama route, nama views dan variabel, path dari views, dll. Mengurangi waktu cari cari lokasi file dan mengingat nama route, rules validation, dll.

Laravel Model Snippets

Sering bekerja dengan model, mendefinisikan properti $fillable, $guarded, $timestamp, $dates, dll atau menulis Eloquent Relationship ? Bisa dengan mudah pakai ekstensi ini. Kurang kurangi ngetik manual, nanti capek kamu 🙁

Laravel Blade

Ada beberapa ekstensi untuk auto complete syntax blade, tapi ini yang saat ini menurut mimin Kawan Koding yang paling oke. Karena untuk trigger auto complete lebih natural karena menggunakan @ sesuai syntax blade. Ekstensi lain menggunakan b: untuk trigger suggestionnya.

Konfigurasi tambahan agar bisa menggunakan emmet dalam file blade:

"emmet.includeLanguages": {
  "blade": "html"
},

Laravel Blade Formatter

Sesuai namanya, ekstensi ini berguna untuk memformat file blade agar lebih rapi dan sesuai keinginan. Ini salah satu penyelamat untuk ngerapiin file blade. Wajib instal ekstensi ini, biar kode kalian pada file blade bisa rapi.

Laravel Blade Spacer

Ekstensi sederhana yang memperikan spacing antara bracket dari syntax blade, kelihatannya kurang berguna. Tapi menurut mimin ini sangat penting karena mimin sendiri lebih suka melihan {{ $variable }} ketimbang {{$variable}}. Ekstensi ini mengotomatiskan kegiatan tersebut.

Laravel Go To View

Ekstensi untuk mempercepat akses menuju file view dari controller, route ataupun view lainnya. Cara menggunakannya juga sangat sederhana, kita cukup sorot nama filenya dan cmd + click untuk macOS atau ctrl + click di Windows / Linux.

Laravel Go To Controller

Sama seperti ekstensi sebelumnya, hanya saja ini untuk menuju ke file controller, memudahkan navigasi menuju file controller.

Laravel Go To Component

Kurang lebih sama dengan 2 ekstensi sebelumnya, hanya saja untuk file blade component, tentu saja ini sangat membantu ketika bekerja dengan file blade dan component.

Laravel Create View

Ibarat nemu harta karun pas tahu ada ekstensi ini, karena di PHPStorm dengan ekstensi Laravel Idea, kita bisa sangat cepat untuk buat file view blade. Fungsi dari ekstensi ini kurang lebih sama, kita bisa buat file blade dengan command pallete atau dengan sorot nama file blade pada return view(‘namafile’); kemudian ada ikon lampu kuning yang bisa diklik untuk membuat file.

Volar

Karena juga ngoding Vue, Volar wajib terinstal ya, karena ini adalah ekstensi official dari vue untuk menggantikan vetur.

Sekian daftar ekstensi yang perlu diinstal oleh Programmer Laravel menurut versi Kawan Koding.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh

Hai semua, saya Amirul seorang Software Engineer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *