Tanggal :23 April 2024
Foto Bersama Sidoarjodev

Di belakang layar & acara meetup Sidoarjodev Januari 2020

Sebelum Acara …

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, Kamis, 30 Januari 2020 adalah acara pertama Sidoarjodev di tahun 2020, ada beberapa yang berbeda dalam acara kali ini, seperti pertama kalinya acara Sidoarjodev menerima bantuan sponsor dan pertama kalinya acara dilangsungkan di sebuah kafe.

Mungkin tulisan ini akan saya mulai dari dibalik layar acara yang terselenggarakan kemarin sore / malam, acara terakhir dari Sidoarjodev adalah bulan Oktober 2019 dan sebenarnya di bulan Desember harusnya ada acara kumpul ngopi bareng, tapi batal terealisasi. Saya akan ceritakan bagaimana kami mendapatkan sponsor untuk acara kali ini terlebih dulu, pada Desember saya sebagai pribadi dikontak oleh Mas Kevin dari JagoanHosting untuk kerja sama dengan Kawan Koding, dalam pembicaraan tersebut saya basa basi kalau saya juga ada komunitas jadi mungkin bisa didukung untuk acaranya, ternyata mendapat respon positif, dan pada pembicaraan waktu itu saya ngomong kalau kemungkinan ada acara di bulan Januari 2020. Masuk Januari 2020 Saya dan Nafi yang biasa mengurus urusan acara Sidoarjodev berdiskusi untuk menentukan tanggal acara, awalnya akan dipilih pada pertengahan bulan, namun karena saya pertengahan bulan rencananya ada beberapa kegiatan yang harus dijalankan (yang ternyata ditunda) akhirnya memutuskan untuk ambil di akhir bulan.

Seperti biasa Nafi yang biasa bagian mendesain poster acara menanyakan siapa pembicara dan apa judulnya, akhirnya Saya putuskan untuk mengundang Mas Irsyad menjadi pembicara, kebetulan dalam podcastnya ada yang pengen Mas Irsyad tampil di Sidoarjo, dan sempat ada pembicaraan kalau mau ngisi di Sidoarjodev mungkin momentumnya ini, poster sudah selesai digarap sebelum pertengahan bulan kalau tidak salah, tapi poster dan pengumuman belum dipublikasikan karena masih menunggu kepastian sponsor, waktu itu akhirnya sepertinya dalam pembahasan Saya dan Mas Kevin (setelah kirim proposal) sepertinya JagoanHosting sudah posfitif akan mendukung acara ini, akhirnya Nafi saya bolehkan untuk publikasi poster acaranya, ternyata senin 3 hari sebelum acara berlangsung saya dikontak oleh Mbak Amira dari JagoanHosting yang dalam perkenalannya menyebutkan tentang kerja sama, saya cukup panik karena saya sudah oke untuk menggunakan kekopi untuk tempat acaranya yang menyediakan ruangan khusus dengan syarat minimal order sebesar Rp. 200.000 saja, akhirnya saya pun langsung menjelaskan kalau sebelumnya sudah kontak dengan Mas Kevin, dan Mbak Amira ngomong kalau sudah diproses untuk permintaan sponsor tersebut, Alhamdulillah.

Rabu, sehari sebelum acara dimulai Mbak Amira kontak saya lagi, bahwa dari JagoanHosting akan mengirimkan banner untuk dipasang waktu acara sebagai timbal balik dukungan acara ini, saya awalnya kasih alamat rumah saya, tapi saya memastikan lagi apakah bisa sampai dalam 1 hari ke Mbak Amira dan saya jelaskan kalau rumah saya ada di ujung Sidoarjo, akhirnya banner dikirimkan ke alamat rumah Nafi yang ada di Candi, tidak jauh dari pusat Sidoarjo. Untuk persiapan lainnya, kontak tempat acara, pembuatan sertifikat untuk pembicara, semua dilakukan Nafi, jadi yang banyak berkeringat untuk acara ini terselenggara adalah Nafi.

Kamis tiba, hari berjalan seperti biasa, saya yang harusnya menyiapkan sedikit materi untuk lightning talk dari pagi sampai siang hanya kontak dengan Nafi saja untuk persiapan acara, saya juga publikasi tentang acara ini ke Forum Sidoarjo Kreatif di Sidoarjo karena saya merasa publikasi untuk acara ini kurang dan masih bisa dibilang sedikit yang mendaftar ketika saya lihat form pendaftarannya, disana ada seorang yang bertanya untuk anak minimal bisa ikut acaranya usia berapa, saya jawab tidak ada batasan usia, saya kira hanya basa basi. Siangnya saya masih chat sambil tiduran dan belum menyiapkan materi, dan akhirnya ketiduran, haha, terbangun jam 3 sore, saya gelagapan karena sepertinya saya terlalu lama tidur, lihat HP, alhamdulillah masih jam 3 sore, kemudian saya sholat ashar dan setelah sholat saya siap siap mandi dan kemudian kontak Nafi untuk dia mengingatkan Vini supaya tidak telat acara, dan ternyata dijawab Nafi “Vini sudah di lokasi”, yaudah akhirnya saya tidak jadi menyiapkan materi dan rencananya akan pinjam laptop Nafi untuk membuat sedikit slide materi, tapi akhirnya tidak terealisasikan dengan baik, karena di lokasi saya harus bantu Nafi dan Vini mempersiapkan kebutuhan acara, saya ke Indomaret untuk ke ATM dan ambil uang dari sponsor untuk urusan finansial acaranya nanti, disini ternyata saya ketemu Mas Gallan yang juga ikut membantu acara ini, Mas Gallan selesai membeli beberapa perkakas yang dibutuhkan langsung menuju ke Kekopi untuk membantu persiapan.

Acara Dimulai …

Registrasi Acara Meetup SidoarjoDev Januari 2020

Acara dimulai dengan datangnya beberapa peserta dan langsung kami persilakan untuk mendaftar pada absensi yang kami letakkan di kasir Kekopi dan memesan minuman kopi hits yang terbatas untuk 20 peserta pertama di acara ini, setelah registrasi dan pesan minuman, peserta langsung masuk ke tempat acara yang berada di lantai 2.

Vini

Setelah kurang lebih 25 peserta hadir dan melaksanakan sholat maghrib, acara dimulai dengan pembukaan dari Vini sebagai pembawa acara pada acara meetup 0120 kali ini, oh iya kami sekarang memberi hashtag untuk acara kami ini dengan hashtag #ngarit (NGobrol ARek IT), setelah Vini membuka acara kemudian Vini mempersilakan Mas Gallan untuk memberika sambutan dari SidoarjoDev kepada semua peserta yang hadir.

Sambutan acara SidoarjoDev #0120
Mas Gallan memberikan sambutan untuk peserta acara Meetup SidoarjoDev #0120

Setelah sambutan dari Mas Gallan acara diambil alih oleh Vini kembali dan tanpa banyak membuang waktu Vini mempersilahkan Mas Irsyad untuk menyampaikan materinya “How To Become an Android Developer“. Disini memang topiknya tentang non-teknis, jadi Mas Irsyad menceritakan perjalanannya memulai karir menjadi Android Developer dari tahun 2016 dengan menjelaskan teknologi yang dia gunakan dari tahun ke tahun sampai tahun 2020 ini.

Mas Irsyad Founder Lazday Indonesia

Setelah Mas Irsyad selesai dengan materinya, acara kembali diambil alih oleh Vini dan mempersilakan saya untuk menyampaikan lightning talk tentang proses rilis Laravel, saya maju dan menyampaikan yang harus saya sampaikan dengan sedikit becanda karena saya akhirnya benar benar tidak sempat membuat materi dan hanya membuka halaman web kurang lebih saya cuma berbicara 5 menit saja, kemudian saya lanjutkan untuk menawarkan ke peserta untuk lightning talk juga, karena tidak ada yang mau saya iseng menunjuk Syahrul yang cukup sering ikut acara ini untuk berbagi ceritanya.

Muhammad Amirul Ihsan
Saya menyampaikan lighning talk

Syahrul yang maju ke depan berbagi pengalaman tentang komunitasnya di UNUSIDA (Universitas NU Sidoarjo) dimana dia ada UKM berbasis IT disana dan berbagi ilmunya disana, dan dia juga bercerita bagaimana dia belajar menjadi seorang programmer.

Kemudian Saya melanjutkan dengan menyampaikan tentang Jatim Developer Day 2020 dan sedikit menjelaskan apa yang sudah kami lakukan di tahun 2019 kemarin, intinya kami ingin kesenjangan dalam kemampuan di bidang IT setiap daerah di Jawa Timur bisa dikurangi.

Di acara ini ada yang cukup spesial karena ada bapak bapak yang mengantar anaknya untuk ikut acara ini, seperti biasa saya yang suka spontan minta orang untuk berbicara ke depan langsung minta bapaknya untuk bercerita alasannya datang ke acara ini tapi bapaknya tidak mau, mungkin malu, begitu juga anaknya yang masih malu malu, pas saya tanya dia kelas 8 SMP dan sudah belajar tentang web development. Selain itu juga kedatangan 5 orang teman dari Probolinggo dan tidak sedikit juga dari Surabaya.

Adek Ahmad
Adek Ahmad & Bapaknya, yang biru itu salah satu anggota dari awal Sidoarjodev
Penyerahan Sertifikat

Setelah itu supaya afdol acara ini kita adakan tanya jawab kepada pembicara dan ada beberapa pertanyaan dari para peserta dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat untuk pembicara sebagai apresiasi sudah berbagi ilmunya kepada para peserta, dan diakhiri dengan sesi foto bersama peserta yang akhirnya hanya separuh peserta saja yang berfoto karena tempatnya tidak cukup karena peserta yang datang cukup banyak, sekitar 70an orang, walaupun yang terdaftar di absensi hanya 54 orang.

Saya sebagai salah satu organizer dari Sidoarjodev mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terselenggaranya acara ini :

Nafi

Terima kasih paling spesial untuk Nafi yang sudah rela banyak meluangkan waktunya untuk acara ini dari pembuatan poster dan revisinya, menerima banner dari sponsor dan riwa riwi membawa ke tempat acara, mencetak dan menyiapkan sertifikat untuk pembicara dan mempersiapkan kebutuhan acara sebelum acara dimulai.

Ini adalah acara pertama Sidoarjodev yang dapat sponsor secara finansial dan diselenggarakan di kafe setelah sebelumnya diadakan sering diselenggarakan di Telkom Sidoarjo, dan 2 meetup tahun 2019 di JHTech Sidoarjo, dan pernah juga di Perpusda, SMK PGRI 2 Sidoarjo. Semoga kedepannya Sidoarjodev semakin baik lagi dan banyak bermanfaat untuk ekosistem IT di Sidoarjo, sebelum saya tutup untuk yang mau bergabung di SidoarjoDev silakan klik tautan ini.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Hai semua, saya Amirul seorang Software Engineer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast

Tinggalkan Balasan