Tanggal :27 November 2021
Laravel vs Lumen

Bikin API, Pilih Laravel atau Lumen ?

Assalamualaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh, “Bikin API, Pilih Laravel atau Lumen ?” mungkin ini cukup sering jadi perdebatan atau pertanyaan di komunitas maupun forum diskusi programmer Laravel. Saya coba beropini tentang hal ini dari pengalaman saya.

Mungkin kebanyakan orang beranggapan kalau bikin API pakai Lumen aja karena ringan dan lebih kencang, memang ga salah juga. Tapi, saya punya pandangan berbeda soal ini, setelah pernah coba develop API dengan Lumen di proyek iseng iseng, saya ngerasa gak cocok :v.

Kemudian statemen dari pembuat Laravel juga begitu, mending pakai Laravel aja daripada Lumen dalam beberapa kesempatan di Twitternya.

Saya sendiri beberapa waktu terakhir sempat mengerjakan API dengan Lumen di tempat kerja saya. Dan tetap ternyata emang saya masih kurang srek saja karena ketika butuh package sering hanya support untuk Laravel saja.

Berasa ribet saja gitu, dasar saya yang pemalas mungkin ya. Tapi emang kebutuhan saya biasanya develop API dan Dashboardnya, jadi bakal riweh kalau menggunakan Lumen. Sedangkan di Laravel sangat dibantu dengan banyaknya fitur yang ada.

Jadi akhirnya setiap init proyek saya selalu gunakan Laravel walaupun itu nanti hanya untuk API saja, karena menurut saya lebih efisien waktu dan mempermudah pekerjaan.

Kurang lebih alasan saya lebih memilih tetap menggunakan Laravel daripada Lumen :

  • Laravel memiliku dukungan yang baik, banyak perintah artisan yang dihilangkan di Lumen
  • Beberapa fitur di Laravel juga sangat membantu dalam pembuatan API, seperti Resources
  • Package autentikasi yang disediakan untuk dukungan API dari Sanctum & Passport untuk kebutuhan SSO
  • Package dari luar yang kemungkinan tidak support untuk Lumen
  • Intinya Developer Experience yang lebih baik di Laravel
  • Taylor Otwell yang juga lebih menyarankan tetap pilih Laravel daripada Lumen

Udah gitu aja ya, semoga tidak memancing keramaian statemen saya di atas, bisa dipahaami dengan bijak oleh pembaca 😀

Wassalamualaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh.

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *