Tanggal :26 September 2022
Apa itu AdonisJs

Berkenalan dengan AdonisJS, Nodejs MVC Framework (katanya) Mirip Laravel

Hello World!!!

Pada kali ini kita akan berbincang santai terlebih dahulu mengenai AdonisJS. Dilansir dari website di https://adonisjs.com/ dikatakan bahwa, AdonisJS adalah Node.js framework yang benar-benar difokuskan pada ergonomi pengembang, stabilitas, dan kecepatan.

Pada versi yang kelima ini dilakukan proses migrasi besar-besaran dimana pada versi 4, AdonisJS masih menggunakan Javascript sedangkan untuk versi 5 kali ini akan sepenuhnya memakai Typescript. Walaupun nantinya untuk proses deployment akan ditranslasi menjadi Javascript. Untuk melihat sejauh mana kelanjutan dari proses migrasi ini terdapat roadmap yang telah tercantum pada trello.

Bagi para developer Laravel akan sangat mudah beradaptasi dengan fitur-fitur pada AdonisJS versi 5 ini. Berikut secara singkat garis besar kemiripan yang nantinya akan ditemui.

  1. Routing
  2. Controller
  3. Validator
  4. Lucid ORM (Eloquent pada Laravel)
  5. Edge template engine (Blade pada Laravel)
  6. Authentication (Sessions, Basic Auth, API Token)

Selengkapnya jika ingin melihat sejauh mana aplikasi yang dapat dibuat menggunakan fitur-fitur yang telah dibangun di dalam AdonisJS versi 5 ini secara sekilas pada tautan berikut ini.

Beberapa dukungan paket pihak ketiga juga banyak tersedia oleh komunitas AdonisJs sehingga diharapkan para developer tidak perlu lagi mencari dan mengkonfigurasi secara manual. Hal ini akan lebih mempercepat proses development nantinya. Dukungan tersebut bisa dicari di halaman referensi.

Baik, tidak perlu lama-lama untuk proses perkenalan AdonisJS versi 5 ini karena kita akan semakin tidak sabar mencicipi baris-baris kode dari AdonisJs. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.