Tanggal :13 Juli 2024
Belajar Dart String Interpolation

Belajar Pemrograman Dart : String Interpolation

Artikel ini bagian ke 3 dari total 11 artikel di seri Belajar Dasar Pemrograman Dart

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, pada artikel sebelumnya kita sudah belajar tentang cara mendefinisikan & mendeklarasikan variabel di pemrograman Dart sekarang kita lanjutkan untuk membahas tentang String Interpolation.

void main() {
  String name = 'Amirul';
  
  print("Halo, saya $name");
}

Pada potongan kode diatas yang dimaksud String Interpolation adalah proses menukar nilai dari $name pada fungsi print() dengan nilai yang ada pada variabel String name = 'Amirul'; maka ketika kode diatas dijalankan akan menghasilkan keluaran “Halo, saya Amirul”. Selain hanya untuk sebuah variabel sederhana String Interpolation bisa berguna dengan kondisi yang lebih rumit lagi, semisal kita ingin menampilkan jumlah karakter dari variabel name.

void main() {
  String name = 'Amirul';
  
  print("Namaku mengandung ${name.length} karakter");
}

Kode diatas akan mencetak “Namaku mengandung 6 karakter”, tanda kurung kurawal { } yang ada membungkus name.length berguna untuk menjalankan properti length yang dimiliki oleh variabel String name, sekarang kita coba untuk buang kurung kurawalnya.

void main() {
  String name = 'Amirul';
  
  print("Namaku mengandung $name.length karakter");
}

Maka ketika dijalankan kode diatas akan menghasilkan “Namaku mengandung Amirul.length karakter” karena .length tidak dieksekusi sebagai properti / fungsi dari variabel String name dan dianggap sebagai string, jadi ketika ingin menjalankan properti pada variabel harus dibungkus dengan kurung kurawal { }.

Sekian penjelasan tentang String Interpolation semoga bisa mudah dipahami.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Series Navigation<< Belajar Pemograman Dart : Deklarasi VariabelBelajar Pemrograman Dart : Menduga Sebuah Tipe Data dengan var >>

Hai semua, saya Amirul seorang Software Engineer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast

2 Comments

Tinggalkan Balasan