Tanggal :13 Juli 2024
Belajar Dart : Deklarasi Variabel

Belajar Pemograman Dart : Deklarasi Variabel

Artikel ini bagian ke 2 dari total 11 artikel di seri Belajar Dasar Pemrograman Dart

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, kita lanjutkan Belajar Pemrograman Dart dengan kenalan dengan cara mendeklarasikan & menginisiasi variabel pada pemrograman Dart. Sebelumnya perlu diketahui tentang variabel, variabel bisa diibaratkan sebagai wadah yang menampung sebuah nilai (value).

Dalam pemrograman Dart untuk mendeklarasikan sebuah variabel, kita diwajibkan untuk mendeklarasikan tipe dari variabel yang akan kita buat sebelum menuliskan nama variabel, contoh :

String name = 'Amirul';

Seperti pada potongan kode diatas adalah proses mendeklarasikan dan menginisiasikan sebuah variabel, lalu apa yang dimaksud dengan deklarasi & inisiasi ? deklarasi variabel adalah proses mendefinisikan tipe data & nama dari variabel dalam potongan kode di atas yang dimaksud deklarasi adalah bagian sebelum tanda “=”, sedangkan inisiasi variabel adalah proses memberikan nilai awal sebuah variabel yang ditunjukkan setelah tanda “=”.

Demikian penjelasan singkat tentang deklarasi & inisiasi variabel pada pemrograman Dart, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh

Series Navigation<< Apa itu Dart ?Belajar Pemrograman Dart : String Interpolation >>

Hai semua, saya Amirul seorang Software Engineer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast

2 Comments

Tinggalkan Balasan