Tanggal :3 Desember 2020
Membuat Website Seperti Kawan Koding, Kursus Laravel, Kursus Vuejs, Kursus React

Belajar Membuat Website Seperti Kawan Koding

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, karena saya sering mendapat pertanyaan tentang website Kawan Koding dibuat dengan apa. Maka pada tulisan ini saya akan mengajak kawan kawan belajar membuat website seperti Kawan Koding.

Sebelum memulai membuat website, kawan-kawan bisa menyipakan beberapa kebutuhannya. Misalnya Domain & Hosting yang bisa kawan-kawan beli di sini. Kemudian WordPress yang bisa didownload secara gratis di sini atau sebenarnya dari layanan hosting biasanya sudah tersedia auto installer untuk instal WordPress.

Instal WordPress

Pertama tentu kita harus menginstal WordPress. Yang saya lakukan waktu itu saya menginstal langsung melalui Cpanel dari hosting. Untuk caranya kawan-kawan masuk terlebih dahulu ke Cpanel hostingnya.

Setelah itu cari bagian Softaculus Apps Installer.

Belajar Membuat Wesbsite
Softaculus Apps Installer

Klik pada WordPress dong tentunya, kan mau instal WordPress.

Belajar Membuat Wesbsite
Instal WordPress

Setelah muncul tampilan di atas, kilk pada “Install Now” atau jika berbahasa Indonesia mungkin “Instal Sekarang“.

Belajar Membuat Wesbsite
Setup WordPress

Akan muncul halaman untuk setup WordPress. Untuk URL instalasi bisa dibiarkan default atau sesuaikan saja, tetapi untuk direktori dikosongkan saja supaya menggunakan direktori utama. Kemudian untuk nama, deskripsi, akun admin, plugin dan tema silakan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Setelah sesuai, klik Install untuk melanjutkan proses.

Membuat Blog dengan WordPress
Proses Instalasi
Membuat Blog dengan WordPress
Instalasi Selesai

Setelah menunggu proses instalasi dan muncul halaman bahwa instalasi sudah sukses website kita sudah bisa diakses. Pada contoh di atas maka saya bisa akses pada https://fullstacklaravel.com dan untuk halaman administrasinya di https://fullstacklaravel.com/wp-admin.

Halaman Login Administrator

Instalasi Tema

Pada website Kawan Koding saya menggunakan tema premium yang saya beli di Themeforest. Nama temanya adalah “Disto” yang waktu itu saya dapatkan dengan harga $39 atau sekitar Rp. 600.000 an.

Tampilan Tema Disto

Seperti gambar di atas adalah tampilan dari tema “Disto” dengan beberapa penyesuaian yang saya inginkan. Dari temanya sendiri banyak pilihan layout untuk halaman depan atau pada halaman detail artikel dan banyak juga widget bawaan dari tema.

Plugin yang Digunakan

Mungkin untuk bagian plugin ini kawan-kawan bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Saya akan bagikan daftar plugin yang saya gunakan di Kawan Koding.

Organize Series

Plugin Organize Series ini digunakan untuk mengelompokkan artikel berdasarkan seri artikel yang dibuat. Kok ga pakai kategori aja? karena kebutuhannya berbeda dan tidak cukup dengan kategori. Jika menggunakan kategori nanti akan banyak kategori yang dibuat seiring banyaknya seri yang ditulis.

Contoh Kawan Koding punya seri Belajar Laravel yang ada dalam kategori Laravel. Kedepannya mungkin akan ada seri Belajar Blade Templating yang juga di dalam kategori Laravel. Kurang lebih seperti itu kebutuhannya.

Prismatic

Prismatic digunakan untuk memberikan highlight pada syntax yang ada dalam artikel. Tujuannya tentu untuk memudahkan syntax dibaca oleh pembaca. Karena Kawan Koding banyak tutorial tentang koding maka plugin ini salah satu yang wajib diinstal.

Yoast SEO

Plugin yang membantu dalam urusan SEO, menganalisa kekuatan SEO pada tulisan kita saat kita menulis artikel. Banyak pengaturan SEO yang ada dalam plugin ini. Saya menggunakan versi gratis dan rasanya sudah cukup.

Autoptimize

Plugin ini membantu kita dalam mengoptimasi aset dari website kita seperti CSS, Javascript dan juga gambar.

Google Analytics Dashboard Plugin for WordPress by MonsterInsights

Panjang bener ya nama pluginnya, sesuai namanya ini adalah plugin untuk integrasi dengan Google Analytics. Keuntungannya kita bisa melihat statistik website melalui dasbor Worpdress kita.

Really Simple SSL

Kegunaan plugin ini sangat sederhana sebenarnya, plugin ini akan memaksa website kita ketika diakses untuk menuju halaman https.

Nah, mungkin seperti itu saja yang bisa saya bagikan ke kawan-kawan. Semoga kawan-kawan langsung bisa praktek belajar membuat website setelah baca tulisan ini.

Oh ya, terakhir, untuk hosting bisa beli di sini dan bisa gunakan kode “KAWANKODING” biar dapet tambahan diskon sebesar 10%. Dan mulai buat websitenya.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

11 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *