Tanggal :1 Juni 2020

Belajar Laravel : Menginstal Laravel

Menginstal Laravel
Artikel ini bagian ke 3 dari 6 seri dalam artikel berseri "Belajar Laravel"

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, pada tulisan ini saya akan mulai seri tutorial Belajar Laravel. Sebelum memulai belajar & menginstal Laravel, saya beri peringatan dahulu. Jika nanti kawan-kawan baca artikel ini mungkin versi dari Laravelnya sudah berbeda InsyaAllah tidak ada masalah. Karena selama versi 5.0 – 7.9 ini saya selalu update dengan Laravel.

Jadi, buat yang masih bingung baru dan suka ngomong “baru belajar Laravel 0 udah muncul Laravel 100“. Tolong rajin baca lagi setiap catatan rilisnya atau paling gampang pantengin Kawan Koding biar up to date tentang Laravel :p.

Oke cukup prolognya ya, yuk kita mulai petualangannya. Pertama untuk belajar Laravel tentu kita harus menginstal Laravel terlebih dulu. Tapi sebelum instal Laravel kita juga harus menginstal kebutuhan yang diminta Laravel supaya bisa berjalan di Laptop / Komputer kita.

Jadi inilah beberapa syarat yang diminta Laravel sebelum kita menginstal Laravel. Karena pada saat artikel ini ditulis Laravel berada pada versi 7.x maka ini adalah kebutuhan untuk Laravel 7.x yang kemungkinan kedepannya akan berubah kebutuhannya.

  • PHP >= 7.2.5
  • BCMath PHP Extension
  • Ctype PHP Extension
  • Fileinfo PHP extension
  • JSON PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension

Sudah dipenuhi? Langsung lanjut, Laravel menggunakan composer untuk manajemen packagenya. Jadi, sebelum menggunakan Laravel, pastikan sudah menginstal composer di laptop / komputer kawan-kawan.

Menggunakan Laravel Installer

Untuk menggunakan Laravel Installer, dowonload dulu dengan Composer.

composer global require laravel/installer

Kemudian, pastikan direktori vendor bin dari Composer pada $PATH kawan kawan, jadi file executable Laravel bisa dijalankan. Adapun lokasi direktori ini berbeda berdasarkan sistem operasi.

  • macOS: $HOME/.composer/vendor/bin
  • Windows: %USERPROFILE%\AppData\Roaming\Composer\vendor\bin
  • GNU / Linux Distributions: $HOME/.config/composer/vendor/bin or $HOME/.composer/vendor/bin

Kawan-kawan juga bisa menjalankan composer global about untuk mengetahui path global dari instalasi Composer.

Jika sudah terinstal, perintah laravel new akan memnbuat instalasi Laravel di direktori yang kita tentukan. Contohnya laravel new marketplace akan membuat sebuah direktori dengan nama marketplace berisi proyek Laravel dan semua dependencynya.

Menggunakan Composer Create-Project

Alternatif jika kawan-kawan tidak ingin menginstal Laravel Installer, bisa menggunakan perintah composer create-project

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel marketplace

Sedikit penjelasan --prefer-dist adalah perintah composer untuk mengambil source code dari versi stabil. Sedangkan marketplace sama seperti pada perintah di laravel new di atas, ini akan membuat direktori dengan nama marketplace.

Server Development Lokal

Setelah berhasil menginstal Laravel, jika kawan-kawan sudah menginstal PHP di laptop / komputer dan terbiasa menggunakan PHP Built in Server untuk menjalankan aplikasi, kawan bisa gunakan perintah artisan serve. Perintah tersebut akan menjalankan server development lokal pada http://localhost:8000.

php artisan serve

Setelah instal dan menjalankan aplikasi pada server lokal, berikutnya kita akan membahas tentang konfigurasi pada proyek Laravel.

Wasssalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Hi Saya Amirul, Saya mengajarkan koding melalui screencast di Kawan Koding, saya juga menulis Artikel di Kawan Koding.

One Ping

  1. Pingback: Belajar Laravel : Migration di Laravel - Kawan Koding

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *