Tanggal :13 Juni 2024
Membuat Validasi Form di Livewire

Belajar Laravel Livewire : Membuat Validasi Form Livewire

Artikel ini bagian ke 6 dari total 8 artikel di seri Belajar Laravel Livewire

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, sebelumnya kita sudah bisa menambah data tanpa reload halaman. Selanjutnya untuk menangani form, kita butuh membuat validasi form di livewire. Agar form ini tidak sembarangan diisi atau tahu inputan mana saja yang harus diisi.

Oke karena Livewire dibangun untuk memudahkan developer Laravel maka pada implementasi validasi juga tidak akan sesulit yang dibayangkan. Kode yang ditulis akan mirip ketika kita membuat validasi form dengan controller. Tambahkan kode di bawah ke dalam method addPost() yang ada di component PostCreate.php.

$this->validate([
    'name' => 'required',
]);

Nah seperti kode di atas itu cara untuk menambahkan validasi pada component Livewire. Mirip kan? bedanya hanya kita tidak perlu mengirimkan objek request di parameter pertama.

Seperti itu saja sebenarnya validasi sudah berjalan, tapi ada yang kurang tentunya. Untuk menambahkan pesan validasi juga bisa dilakukan dengan cara yang sama yang biasa dilakukan di view. Jadi kita ubah kode pada file view post-create.blade.php.

<input type="text" name="name" wire:model="name" class="form-control @error('name') is-invalid @enderror">

@error('name')
    <span class="invalid-feedback">
        <strong>{{ $message }}</strong>
    </span>
@enderror

Sekarang coba jalankan aplikasi kita lagi, coba dengan isiannya dibiarkan kosong dan tekan “Add“. Maka akan tampil pesan error seperti yang ada di bawah ini.

Membuat Validasi Form Livewire
Tampilan error validasi

Dan seperti itulah cara membuat validasi form di Livewire? Simpel kan? Karena Livewire memang bertujuan untuk membuat nyaman developer yang menggunakan Laravel.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Series Navigation<< Belajar Laravel Livewire : Menambahkan Data Tanpa Reload HalamanBelajar Laravel Livewire : Membuat Pagination Tanpa Reload >>

Hai semua, saya Amirul seorang Software Engineer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast

Tinggalkan Balasan