Tanggal :28 Oktober 2020
Apa itu Javascript

Belajar Javascript : Apa Itu Javascript

Artikel ini bagian ke 2 dari 3 seri dalam artikel berseri "Belajar Javascript"

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, kali ini dalam konten Apa Itu kita akan kenalan dengan Javascript. Jadi Apa Itu Javascript? Javascript adalah sebuah scripting language yang bisa ditulis langsung di halaman HTML dan dijalankan secara otomatis ketika halaman dimuat.

Javascript tidak ada hubungannya dengan bahasa pemrograman lainnya yaitu Java, mereka sangat berbeda.

Saat ini Javascript tidak hanya bisa dijalankan di browser saja, tapi juga di server, atau di perangkat lainnya yang memiliki program spesial yang biasa disebut Javascript Engine.

Browser memiliki embedded engine yang biasanya disebut “Javascript Virtual Machine“.

Setiap engines memiliki kode penamaan yang berbeda. Contohnya :

  • V8 – di Chrome dan Opera.
  • SpiderMonkey – di Firefox.
  • Dan beberapa kode nama lainnya seperti “Trident” dan “Chakra” untuk versi IE yang berbeda.  “ChakraCore” untuk Microsoft Edge, “Nitro” dan“SquirrelFish” untuk Safari, dll.

Istilah di atas sebaiknya diingat ingat, karena selalu digunakan dalam penulisan di artikel para developer di internet. Misalnya “fitur x didukung oleh V8”, maka harusnya fitur tersebut bisa berjalan di Chrome dan Opera.

Bagaimana Engine Bekerja?

Engine itu sangat rumit tetapi pada dasarnya mudah.

  • Engines (embedded jika itu adalah browser) membaca (“parse“) script.
  • Kemudian mengkonversi (“compiles“) script ke machine language.
  • Kemudian machine code dijalankan.

Engine melakukan optimisasi pada setiap proses. Dia bahkan memperhatikan script yang dicompile saat berjalan, menganalisa data yang melewatinya, dan lebih jauh mengoptimasi machine code berdasarkan kemampuannya.

Apa yang bisa dilakukan Javascript di dalam Browser?

Modern Javascript adalah bahasa pemrograman yang aman, karena tidak memimiliki akses low level ke memori atau CPU, karena awalnya diciptakan untuk browser yang tidak memerlukan itu.

Kemampuan Javascript sangat bergantung pada lingkungan dimana dia dijalankan. Misanya, Node.js mendukung fungsi yang memungkinkan Javascript melakukan baca/tulis file, melakukan request network, dll.

Di browser, Javascript bisa melakukan segala hal yang terkait dengan manipulasi halaman web, interaksi dengan pengguna, dan web server.

Beberapa hal yang bisa dilakukan Javascript di browser :

  • Menambahkan HTML ke dalam halaman, mengganti konten yang ada, dan mengubah styles.
  • Bereaksi terhadap aksi dari pengguna, misalnya klik mouse, menekan tombol keyboard, dan pergerakan mouse.
  • Mengirim request melalui jaringan ke server jarak jauh, download dan upload file (AJAX atau COMET).
  • Menyimpan data di sisi klien (“Local Storage“).

Apa yang tidak bisa dilakukan Javascript di Browser?

Kemampuan Javascript di browser dibatasi demi keamanan pengguna. Tujuannya adalah mencegah halaman web jahat mengakses data pribadi pengguna atau merusak data pengguna.

Contoh pembatasannya meliputi :

  • Pada browser Javascript tidak boleh membaca / menulis file ke hard disk, menyalinnya atau menjalankan program. Tidak memiliki akses ke Sistem Operasi. Browser modern memungkinkan Javascript bekerja dengan file, tapi aksesnya terbatas misalnya pengguna melakukan drag and drop file ke dalam browser atau melalui tag input.
  • Javascript dapat dengan mudah berkomunikasi dengan internet ke server. Tetapi kemampuan untuk menerima data dari situs / domain lain lumpuh. Walaupun memungkinkan, hal ini harus melalu perjanjian yang dinyatakan pada HTTP Header.

Sekian penjelasan tentang Javascript, mohon maaf jika ada yang membingungkan, karena penulis juga baru mendalami Javascript dan tulisan ini diterjemahkan dari haman : https://javascript.info/intro.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

3 Pings & Trackbacks

  1. Pingback: Belajar Deno : Mengenal Apa Itu Deno - Kawan Koding

  2. Pingback: Belajar Javascript : Javascript Promise - Kawan Koding

  3. Pingback: Belajar Typescript : Apa itu Typescript? - Kawan Koding

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *