Tanggal :23 April 2024
Menjalankan Local Development Server CodeIgniter 4

Belajar CRUD CodeIgniter 4 : Menjalankan Proyek di Local Server

Artikel ini bagian ke 2 dari total 2 artikel di seri Belajar CRUD CodeIgniter 4

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, setelah berhasil menginstal CodeIgniter 4 sekarang kita lanjutkan untuk menjalankan proyek CodeIgniter 4 di server lokal / built in server.

Konfigurasi Awal

  • Buka file app/Config/App.php dengan editor teks favoritmu dan atur base URL sesuai dengan projekmu, atau untuk lebih fleksibel gunakan .env untuk mengatur base URL dengan nilai seperti ini misalnya app.baseURL=”http://example.com”.
  • Jika menggunakan database buka file app/Config/Database.php dan sesuaikan pengaturan databasenya, atau bisa gunakan .env sebagai alternatif untuk mengatur konfigurasinya.

Local Development Server

CodeIgniter 4 membawa penambahan dengan menggunakan local development server untuk menjalankan aplikasi webnya dengan meningkatkan server web bawaan dari PHP. Dengan route dari CodeIgniter, kita bisa menggunakan perintah serve untuk menjalankannya :

php spark serve

Perintah tersebut akan menjalankan server dan sekarang kita bisa buka aplikasi kita di web browser di alamat http://localhost:8080.

local development server bisa kita kustomisasi dengan tiga perintah.

  • Kita bisa gunakan --hosts untuk mendefinisikan host yang akan kita gunakan untuk menjalankan aplikasi kita.
php spark serve --host=contoh.test
  • Secara default aplikasi yang kita jalankan dengan local development server ini akan berjalan pada port 8080, tapi misalnya pada port tersebut sudah digunakan, kita bisa mengubah port dari local development server dengan opsi --port untuk memilih port lainnya.
php spark serve --port=8081
  • Kita juga bisa memilih versi php secara spesifik dengan opsi --php dan nilainya kita isi dengan path PHP yang ingin kita gunakan.
php spark serve --php=/usr/bin/php7.6.5.4

Kira kir begitulah cara menjalankan proyek Codeigniter 4 di server bawaan PHP.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Series Navigation<< Belajar CRUD CodeIgniter 4 : Menginstall CodeIgniter 4

Hai semua, saya Amirul seorang Software Engineer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast

Tinggalkan Balasan