Tanggal :23 April 2024
Menginstal CodeIgniter 4

Belajar CRUD CodeIgniter 4 : Menginstall CodeIgniter 4

Artikel ini bagian ke 1 dari total 2 artikel di seri Belajar CRUD CodeIgniter 4

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, setelah tepat pada tanggal 24 Februari 2020 lalu, CodeIgniter 4 akhirnya resmi dirilis. Dengan sejuta penantian fans dan penggunanya, sekarang saatnya kita belajar lagi, kita mulai dengan hal paling utama dalam proses pembuatan sebuah aplikasi, CRUD (Create, Read, Update, Delete). Tentunya kita harus menginstall codeigniter 4 dulu ya.

Seperti di versi sebelumnya unutk instalasi Codeigniter 4 ini masih disediakan pilihan instal secara manual / unduh sumber kodenya dan extract projeknya, namun untuk mengikuti modernisasi pada CodeIgniter 4 ini juga bisa diinstal melalu composer dan juga melalu git.

Menginstall Codeigniter 4 secara Manual

Untuk instalasi secara manual, kita bisa unduh versi terakhirnya pada link ini, kemudian extract dan hasil extract menjadi folder utama projek kita.

Dengan metode ini kita tidak perlu seting apa apa, kemudian untuk upgrade ketika melakukan instalasi dengan metode manual, kita harus mengunduh lagi versi terbarunya dan mengikuti panduan untuk upgrade.

Kelebihan metode ini adalah sangat sederhana, kita tinggal download dan jalankan projeknya, kekurangannya adalah kita bertanggung jawab sepenuhnya untuk konflik yang terjadi ketika update.

Menginstall Codeigniter 4 dengan Composer

Menginstal CodeIgniter 4 menggunakan composer dengan skeleton app yang disediakan.

Jalankan perintah ini untuk membuat projek baru dengan starter yang sudah disediakan CodeIgniter 4.

composer create-project codeigniter4/appstarter belajar-ci4

Perintah diatas akan membuat sebuah projek CodeIgniter 4 dengan nama folder belajar-ci4. Jika kita lupa untuk menulis perintah belajar-ci4 secara default perintah tersebut akan membuat projek dengan nama folder “appstarter” yang tentunya bisa kita ubah secara langsung.

Kelebihan metode ini adalah proses instalasi yang simpel dan proses update / upgrade yang juga simpel dengan hanya menjalankan perintah composer update. Maka composer akan mengunduh rilis terbaru dari CodeIgniter 4. Kekurangannya adalah ketika upgrade kita masih harus mengecek dan memastikan perubahan pada app/Config setelah update.

Menginstall Codeigniter 4 menggunakan Git

Mungkin cara ini sangat tidak cocok untuk development, tapi ini sangat cocok untuk kawan kawan yang mau berkontribusi pengembangan framework CodeIgniter 4.

Instalasi

  • fork basis kode (<a rel="noreferrer noopener" aria-label="codebase (buka di tab baru)" href="https://github.com/codeigniter4/CodeIgniter4" target="_blank">codebase</a>) ke akun github kamu.
  • Lakukan clone repository hasil fork ke local development kamu.

Perintah diatas akan membuat sebuah folder dengan nama CodeIgniter4 dan kita bebas untuk mengubah namanya. Kemudian kita butuh setup untuk sinkronisasi repository kita dengan repository utama framework CodeIgniter 4.

git remote add upstream https://github.com/codeigniter4/CodeIgniter4.git

Kemudian salin file env yang sudah disediakan ke .env dan ini digunakan untuk konfigurasi yang digit-ignore.

Salin juga file phpunit.xml.dist ke phpunit.xml dan sesuaikan sesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan seperti ini kita bisa memperbarui kode kita kapan saja dengan perintah ini.

git checkout develop
git pull upstream develop
git push origin develop

Kita harus merge conflicts yang mungkin terjadi ketika kita mengambil kode dari upstream dan kita harus selesaikan di lokal.

Kelebihan metode ini adalah kita bisa mendapatkan versi terbaru dari codebase framework CodeIgniter 4 yang belum dirilis. Kita juga bisa mengajukan kontribusi untuk framework CodeIgniter 4. Kekurangannya kita harus menyelesaikan confllicts yang terjadi saat proses pull dari upstream, dan kita tidak akan menggunakan metode ini untuk development aplikasi.

Sekian pembahasan tentang cara menginstall CodeIgniter 4, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Series NavigationBelajar CRUD CodeIgniter 4 : Menjalankan Proyek di Local Server >>

Hai semua, saya Amirul seorang Software Engineer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast

7 Comments

Tinggalkan Balasan