Tanggal :29 September 2020
Belajar API Laravel

Belajar API Laravel : Berkenalan dengan API

Artikel ini bagian ke 1 dari 1 seri dalam artikel berseri "Belajar API Laravel"

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, rehat dulu dari belajar testing. Kali ini kita akan belajar membuat API dengan Laravel. Saya melihat masih banyak sekali tentang pertanyaan tentang topik ini terutama di grup Facebook Laravel Indonesia. Baiklah sebelum memulai membuat API dengan Laravel mari kita pelajari dulu apa itu API.

Apa itu API?

API atau singkatan dari Application Programming Interface itu apa sih sebenarnya?. Gambaran sederhana tentang API adalah ibaratkan aplikasi kita adalah sebuah restoran. Aplikasi frontend adalah tempat dimana kita duduk dan makan, dan aplikasi backend adalah dapurnya, dimana semua makanan disiapkan untuk kita.

API berperan sebagai menu dalam kasus ini, dimana kita bisa memilih apa saja yang inginkan agar dapur memasaknya untuk kita. Dalam pemrograman, API memungkinkan frontend developer untuk mengirimkan permintaan (request) yang spesifik ke backend.

Seperti halnya menu yang memiliki berbagai macam desain hal yang serupa juga ada pada API dan arsitekturnya. Ada banyak macam arsitektur API semacam SOAP yang saat ini tidak begitu banyak digunakan, GraphQL yang cukup baru dan seru, dan yang akan kita bahas kali ini adalah REST.

Apa Itu REST ?

REST adalah singkatan dari Representational State Transfer dan ini adalah merupakan gaya komunikasi antara server dan client. REST menggunakan HTTP atau Hypertext Transfer Protocol sebagai dasar untuk komunikasi.

Dalam mengirim data, REST menggunakan XML atau JSON. Keduanya adalah bahasa yang tujuannya untuk transfer data, juga mudah dibaca oleh manusia, sehingga membuat pelacakan error pada REST lebih mudah.

Karena REST sangat bergantung pada HTTP, ada beeberapa hal yang perlu kita pahami tentang REST dan bagaimana caranya berkomunikasi. Misalnya HTTP methods atau panggilan lainnya adalah HTTP verbs, yang memiliki peran penting dalam REST request, sepenting HTTP Status Code yang memiliki peran untuk jawaban (response) dari request. HTTP Verbs dan HTTP Status Code akan kita bahas di tulisan berikutnya.

Jika materi awal Belajar API Laravel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke kawan kalian biar lebih banyak manfaatnya.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Hi Saya Amirul, Saya mengajarkan koding melalui screencast di Kawan Koding, saya juga menulis Artikel di Kawan Koding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *