Tanggal :27 November 2021
FORTIFY -APA ITU FORTIFY

Autentikasi Laravel Menggunakan Fortify : Apa Itu Laravel Fortify?

Artikel ini bagian ke 1 dari total 3 artikel di seri Autentikasi Laravel Menggunakan Fortify

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, mungkin kawan kawan sudah pernah dengan tentang Laravel Fortify sebelumnya. Awal pertama ngerti adanya Fortify adalah ketika waktu itu Laravel merilis Jetstream. Pada struktur folder dan kodenya ada kata-kata Fortify. Nah sebenarnya Apa itu Laravel Fortify?

Fortify adalah implementasi autentikasi pada backend yang bisa digunakan implementasi frontendnya dengan apa saja (blade, vue, react) atau disebut agnostik. Fortify mendaftarkan route dan controller untuk keperluan autentikasi di Laravel. Termasuk login, register, verifikasi email, reset password dan banyak lagi.

Karena Foritfy tidak menyediakan antarmukanya sendiri, artinya kita bisa memadukan dengan antarmuka user yang kita buat sendiri yang akan mengirimkan request ke route yang sudah terdaftar.

Menginstal Fortify

Untuk mulai menggunakan Fortify bisa kita mulai dengan menginstal dengan composer.

composer require laravel/fortify

Lanjut publikasikan resource dari Fortify dengan vendor:publish

php artisan vendor:publish --provider="Laravel\Fortify\FortifyServiceProvider"

Perintah di atas akan mempublikasi action milik Fortify dalam folder app/Actions jika memang belum terdapat file tersebut. Tambahannya konfigurasi dan migration Fortify juga akan dipublikasikan.

Selanjutnya jalankan perintah untuk migrasi database.

php artisan migrate

Perintah vendor:publish di atas juga mempublikasikan class App\Providers\FortifyServiceProvider. Pastikan untuk menambahkannya ke dalam config/app.php.

Fitur Fortify

File konfigurasi Fortify mengandung sebuah array features. Array ini mendefinisikan route / fitur backend dari Fortify yang diekspos secara default. Apabila menggunakan Fortify tanpa Jetstream sebaiknya hanya mengaktifkan fitur fitur ini, yang menyediakan fitur basic dari autentikasi Laravel.

'features' => [
    Features::registration(),
    Features::resetPasswords(),
    Features::emailVerification(),
],

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Series NavigationAutentikasi Laravel Menggunakan Fortify : Membuat Fungsi Register >>

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

One Ping

  1. Pingback: Autentikasi Laravel Menggunakan Fortify : Membuat Fungsi Register - Kawan Koding

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *