Tanggal :29 September 2020
kawankoding-apa-itu-typescript

Apa itu Typescript?

Artikel ini bagian ke 3 dari 3 seri dalam artikel berseri "Belajar TypeScript"

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Di konten apa itu kali ini kita akan membahas tentang Typescript. Mungkin beberapa dari kalian sudah mengetahui apa itu Typescript dan mungkin menurut kalian Javascript jauh lebih baik dari Typescript. Tentu pendapat tersebut tidak salah karena setiap programmer memiliki zona nyamannya masing – masing.

Yuk bagi kalian yang tertarik untuk belajar atau memperdalam pengetahuan tentang Typescript, lansung kita bahas saja apa itu Typescript dan apa saja kelebihannya.

Apa Itu Typescript?

Typescript merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dibangun oleh Microsoft untuk merubah Javascript yang merupakan bahasa pemrograman dinamis menjadi bahasa pemrograman yang statis. Bingung ya? Baiklah, sebagai contoh Typescript menambahkan sebuah bentuk tipe data pada Javascript yang membuatnya menjadi bahasa pemrograman yang statis. Tetap bingung ya? haha, coba simak contoh penggunaan Javascript dan Typescript di bawah.

Contoh mendeklarasikan variabel dengan Javascript

var a = "Hello World!";

Contoh mendeklarasikan variabel dengan Typescript

let a: string = "Hello World!";

Mungkin yang melintas di kepala kalian saat melihat kode diatas adalah “Javascript terlihat lebih simpel, kenapa harus repot – repot menggunakan Typescript?”. Iya memang Javascript terlihat lebih simpel karena pada dasarnya Javascript merupakan bahasa pemrograman yang dinamis. Lalu jika sudah dinamis mengapa orang perlu bahasa pemrograman yang statis?

Pada saat masih hanya digunakan untuk frontend pada website, penggunaanya Javascript tidaklah sekompleks seperti sekarang. Sekarang Javascript bahkan digunakan baik dari segi backend maupun frontend pada sebuah website. Typescript hadir untuk membantu mengatasi ke kompleksan tersebut dengan menambahkan sebuah bentuk tipe data pada Javascript.

Bagaimana Typescript Bekerja?

Pada dasarnya browser yang kita gunakan sekarang tidak akan mengenal apa atau siapa itu TypeScript. Maka Typescript tersebut harus di compile dan di convert terlebih dahulu ke dalam bentuk Javascript. Ini bertujuan agar browser yang kita gunakan dapat mengerti isi dari program Typescript tersebut.

Apakah kita membutuhkan aplikasi atau compiler khusus untuk meng-compile Typescript ke bentuk Javascript? Jawabannya tidak. Dalam pembuatannya, Microsoft telah menyediakan Typescript compiler dengan tujuan di atas.

Apa Kelebihan menggunakan Typescript?

  • Program yang dibangun akan lebih mudah dipahami dan diubah.
  • Typescript merupakan bahasa pemrograman statis yang dapat mengecek ketepatan tipe data pada saat meng-compile.
  • Typescript akan menunjukan error pada saat meng-compile, yang mengakitbatkan berkurangnya kemungkinan untuk munculnya error pada saat run-time.

Wah sudah selesai saja ternyata, tapi bukan berarti apa yang ditulis diatas sudah mencangkum semua hal tentang Typescript lo. Bagi kalian yang tertarik untuk belajar tentang Typescript lebih lanjut dapat membuka link ini.

Terimakasih untuk teman – teman yang telah membaca dan mohon maaf jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan diatas. Sampai jumpa di konten apa itu berikutnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback: Belajar Typescript : Menginstall Typescript - Kawan Koding

  2. Pingback: Belajar Typescript : Tipe Pada Typescript - Kawan Koding

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *