Tanggal :3 Desember 2020
apa itu react native

Apa itu React Native ?

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, pada tulisan ini kita akan kepoin tentang React Native. Mugkin banyak yang tidak asing dengan kata React Native, tapi mungkin juga banyak yang belum tahu tentang React Native. Jadi Apa itu React Native?.

Penulis sebenarnya sempat hands on React Native di tahun 2017, sekedar instal saja tidak ada kelanjutannya. Akhir – akhir ini tertarik kembali karena racun dari kawan. Saya mulai dengan menulis di sini sebagai catatan bealajar ke depannya.

Apa itu React Native

React Native adalah sebuah framework Javascript yang digunakan untuk membangun aplikasi Android & iOs dengan React. React Native mengkombinasikan bagian terbaik dari Native Development dengan React.

React Native dirilis Facebook pada tahun 2015 dan tetap di maintain hingga sekarang. Pada 2018, React Native memiliki angka kontribusi tertinggi kedua di Github. Pengembangan React Native didukung oleh kontribusi dari individu dan perusahaan di seluruh dunia, meliputi Callstack, Expo, Microsoft dan Software Mansion.

Ditulis dalam Javascript dirender dengan Native Code

React dirender ke dalam Native UI. Artinya, aplikasi yang ditulis dengan React Native menggunakan API Native Platform sama dengan aplikasi lainnya.

Banyak platform saatu React. Dengan React Native kita bisa mengembangkan dua platform dan berbagi teknologi bersama.

React Native membuat kita bisa membangun aplikasi yang benar – benar Native tanpa mengurangi pengalaman pengguna aplikasi kita. Tersedia komponen inti seperti <View>, <Text>, <Image> yang dipetakan ke blok Native UI.

Komponen React membungkus native code yang sudah ada dan berinteraksi dengan Native API melalui paradigma deklaratif React & Javascript.

Siapa yang menggunakan React Native?

React Native sudah digunakan ribuan aplikasi, bahkan mungkin yang seringkali kita gunakan. Misalnya, Facebook, Instagram , Skype, Discord, Pinterest, Tesla, Wix dan banyak lainnya. Di Indonesia ada Ruang Guru, MyTelkomsel.

Sekian dulu ya kenalan dengan React Nativenya, menarik banget ya? apalagi untuk seorang Web Developer. Tentunya ini memudahkan ketika ingin membuat aplikasi mobile tanpa harus belajar bahasa lainnya. Oke kita lanjutkan untuk persiapan sebelum membuat proyek pertama kita di artikel berikutnya.

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *