Tanggal :15 Juli 2020
Apa Itu Laravel

Apa itu Laravel ?

Artikel ini bagian ke 1 dari 6 seri dalam artikel berseri "Belajar Laravel"

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, rasanya ada yang aneh dari Kawan Koding. Bahas Laravel terus tapi belum nulis Apa itu Laravel. Nah di kesempatan ini saya coba untuk menuliskan tentang Laravel.

Apa itu Laravel ?

Laravel adalah sebuah Framework PHP modern yang memiliki salah satu pengguna terbesar. Laravel juga bahkan sering disebut salah satu alasan PHP masih ada. Oke kalau alasan tadi terlalu berlebihan, setidaknya kalau menurut saya Laravel ini adalah framework yang membuat developernya bahagia.

Sejarah Laravel

Taylor Otwell membuat Laravel untuk memberikan alternatif yang lebih canggih dari framework Codeigniter yang tidak menyediakan autentikasi dan otorisasi bawaan.

Laravel 1

Versi beta pertama Laravel dirilis pada 9 Juni 2011 diikuti dengan rilis versi 1 pada bulan yang sama yang disertai dukungan untuk autentikasi, Models, Views, session dan lainnya. Tetapi tidak mendukung controller yang membuatnya tidak bisa disebut sebagai framework MVC sejati.

Laravel 2

Laravel 2 dirilis pada September 2011 dan membawa banyak peningkatan dari pembuat dan komunitasnya. Fitur besar yang ditambahkan adalah dukungan untuk Controller, yang membuat Laravel 2 sebagai framework yang sesuai MVC. Mendukung prinsip Inversion of Control (IoC) dan templating system yang disebut Blade. Jeleknya, di Laravel 2 dukungan untuk package pihak ketiga dihilangkan.

Laravel 3

Dirilis pada Februari 2012, Laravel 3 membawa beberapa fitur baru, termasuk Command Line Interface (CLI) yang diberi nama Artisan. Mendukung lebih banyak Database Management System. Database Migration sebagai version control untuk database. Mendukung untuk menangani Events dan Packaging System yanng disebut Bundles. Peningkatan pengguna dan popularitas Laravel meningkat beriringan dengan rilis Laravel 3.

Laravel 4

Laravel 4 diberi nama Illuminate, dirilis pada Mei 2013, ini adalah perombakan total dari framework Laravel. Dalam rilis ini Laravel mengenalkan fitur database seeding untuk mengisi data di awal proyek, mendukung anrian (queue), mendukung pengiriman jenis email yang berbeda, juga soft delete.

Laravel 5

Dirilis pada Februari 2015, membawa perubahan pada struktur proyek Laravel. Pada rilis ini Laravel menambahkan Scheduler untuk penjadwalan task. Adanya abstraction layer yang diberi nama Filesystem yang membuat kita bisa menyimpan file di remote storage dengan cara yang sama ketika menyimpan di local storage. Elixir untuk menangani aset. Socialite untuk autentikasi dengan akun sosial.

Laravel 5.1

Versi pertama Laravel yang menerima label LTS (Long Term Support) yang rencananya setiap 2 tahun sekali, dirilis Juni 2015.

Laravel 5.2

Dikenalkannya perintah artisan make:auth yang memberikan fitur auttentikasi lengkap hanya dengan waktu kurang dari 20 detik!.

Laravel 5.3

Dirilis pada 23 Agustus 2016. Fokus Laravel 5.3 adalah untuk meningkatkan kecepatan pembuatan aplikasi dengan menambahkan kebutuhan umum aplikasi secara out of the box ketika Laravel diinstal.

Laravel 5.4

Pada tanggal 24 Januari 2017, versi Laravel 5.4 ini membawa hal yang sangat saya ingat karena sedikit menimbulkan masalah pada migration. Tapi juga membawa banyak fitur baru Laravel Dusk untuk keperluan testing di browser. Laravel Mix pengganti Elixir. Blade Components and Slot. Kemampuan mengirim Email Markdown dll.

Laravel 5.5

Versi LTS kedua Laravel, yang saya ingat dari versi ini adalah materi Kelas Laravel menggunakan versi ini karena LTS.

Laravel 6

Laravel 6 mengikuti semantic versioning (semver) yang akhirnya membuat versinya akan naik setiap 6 bulan. Sebelumnya Laravel memiliki pemversian sendiri yang dia akan menaikkan angka di belakang titik setiap 6 bulan. Dan versi ini semakin banyak menimbulkan komentar baru belajar Laravel 6 udah muncul 6.1, 6.2, 6.3 yang memang rilis hampir tiap minggu untuk versi minornya.

Pada versi ini Laravel juga melakukan perubahan besar pada auth scaffolding yang dulunya hanya menjalankan php artisan make:auth, sekarang harus instal dulu package laravel/ui dan mengikuti perintah selanjutnya.

Laravel 7

Laravel 7 dirilis 3 Maret 2020 dengan banyak fitur baru yang dibawa Laravel Sanctum untuk autentikasi. HTTP Client untuk melakukan request HTTP secara mudah. Peningkatan pada Route Model Bindings. Dikenalkannya Tag Component untuk blade.

Sekian dulu yang bisa saya tulis tentang Laravel, semoga yang baca penjelasan di versi Laravel 6 bukan termasuk golongan yang komentar baru belajar udah rilis aja versi ini. Kalau termasuk semoga tobat setelah baca artikel ini, CAPEK SAYA BACANYA HAHAHA.

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Hi Saya Amirul, Saya mengajarkan koding melalui screencast di Kawan Koding, saya juga menulis Artikel di Kawan Koding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *