Tanggal :27 November 2021
Apa itu Inertiajs

Apa itu InertiaJs ?

Assalamualaikum Warohmatulloah Wabarokatuh, InertiaJs, mungkin sudah tidak begitu asing di telinga kawan kawan programmer. Terutama yang ada di ekosistem Laravel yang lumayan ramai mempromosikan & menggaungkan keberadaan Inertia. Jadi, Apa itu InertiaJs ?

Apa itu InertiaJs ?

Jika merujuk pada laman webnya yang menjadi highlight Inertia adalah “Build single-page apps,¬†without building an API” atau pada slogannya “The Modern Monolith”.

Inertia adalah sebuah framework ? Bukan, Inertia bukanlah sebuah framework yang menggantikan framework server-side ataupun client-side, Tapi dia dibuat untuk bekerja dengan keduanya. Ibaratkan Inertia adalah lem yang menggabungkan aplikasi server-side dan client-side.

Inertia melakukannya melalui sebuah adapter. Saat ini ada tiga adapter untuk client-side (React, Vue dan Svelte) dan dua adapter untuk server-side (Laravel dan Rails).

Keuntungan Menggunakan Inertia

Sesuai dengan slogannya “The Modern Monolith”, dengan Inertia kita menggunakan sebuah approach baru untuk membangun sebuah server driven web apps.

Dengan Inertia kita bisa membuat aplikasi web yang full dirender pada client-side, single page apps (SPA) tanpa ribet dengan kompleksitas yang ada pada aplikasi SPA terkini. Inertia tidak membutuhkan routing pada client-side dan tidak membutuhkan API, sesederhana kita membuat aplikasi dengan controllers dan views seperti yang kita lakukan sebelumnya.

Ada yang sudah cobain Inertia ? Bagaimana menurut kalian?

Wassalamualaikum Warohmatulloah Wabarokatuh

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

One Ping

  1. Pingback: Tutorial Inertia.js Laravel & Vue #1 : Instalasi & Konfigurasi Inertia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *