Tanggal :27 November 2021
Alternatif PHPmyAdmin di Windows

Alternatif PHPMyAdmin di Windows

Assalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, siapa nih yang biasanya untuk manajemen database MySql menggunakan phpMyAdmin? memang tidak ada salahnya dengan phpMyAdmin. Tapi kalau saya sendiri lebih suka yang berbasis desktop, karena memiliki performa yang lebih baik, lebih ringan dan cepat dalam mengeksekusi perintah daripada phpMyAdmin yang berbasis web. Nah ini adalah alternatif PhpMyAdmin pilihan saya.

Karena kurang lebih selama enam tahun terakhir saya pengguna MacOS biasanya yang umum digunakan adalah SequelPro untuk manajemen database MySQL namun setelah update ke high sierra kalau tidak salah SequelPro saya sering crash dan tidak nyaman kalau sering seperti ini, sampai akhirnya saya ketemu TablePlus dan saya gunakan kurang lebih 2 tahun terakhir ini.

Ceritanya saya sedang mencoba lagi menggunakan Windows saat ini, saya mulai setup environment untuk development dan sempat beberapa saya dokumentasikan dengan video di kanal youtube Kawan Koding, karena TablePlus yang juga mendukung sistem operasi Windows, maka saya gunakan TablePlus untuk alat manajemen database saya di Windows.

Saya nggak akan bahas banyak tentang TablePlus, karena ini bukan artikel berbayar dan bukan artikel review, hanya berbagi pengalaman saya saja, bahwa saya cukup terbantu dan nyaman menggunakan TablePlus, ohya, perlu diketahui bahwa TablePlus adalah aplikasi berbayar tetapi kita bisa menggunakan secara trial dengan beberapa pembatasan, selama pembatasannya masih bisa kawan kawan toleransi silakan gunakan, jika kawan kawan tidak suka dengan pembatasannya bisa coba gunakan aplikasi HeidiSQL untuk alternatifnya, dulu sebelum menggunakan MacOS saya juga pakai HeidiSQL untuk manajemen database waktu itu.

Sekilas penampakan TablePlus

Untuk mencoba TablePlus atau HeidiSQL, bisa diunduh pada tautan dibawah ini.

Dan setelah banyak mendapat rekomendasi dari kawan kawan di Facebook, saya tambahkan daftarnya disini.

Itulah alternatif PhpMyAdmin yang bisa kawan-kawan coba sebagai pengganti jika merasa PhpMyAdmin terlalu lelet. Sebaiknya gunakan yang berbasis desktop karena biasanya memiliki performa yang lebih gesit dibandingkan yang berbasis web.

Wassalamualaikaum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Halo semuanya, saya Amirul seoarang Web Developer, suka membuat konten pembelajaran berupa artikel, video tutorial maupun podcast, saya juga suka makan dan foto makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *